Prinsip Dasar SEO: Raih Cinta Tulus Google pada Web

Ketergantungan dunia web pada Google search engine tidak dapat disangkal lagi. Meskipun ada internet marketer yang mampu meraih traffic dan konversi bisnis dengan sistem atau strategi internet marketing lain, namun tidak ada yang mampu menunjukkan bahwa SEO dapat dikalahkan dengan strategi-strategi lainnya. SEO dipandang sebagai strategi internet marketing termurah dan teknik sinergis yang dapat menghasilkan aliran traffic konsisten dan tahan lama.

Tips dan Tutorial Blog

Untuk mendapatkan traffic dari Google, search engine tersebut perlu mencintai website terlebih dahulu, dan bukti kecintaan ini dibayar oleh Google dengan ranking tinggi di hasil pencarian dan traffic melimpah. Ya, tidak dapat disangkal lagi Google memiliki kekuasaan untuk memberi atau tidak memberikan traffic. Jadi, bagaimana cara membuat Google melirik dan memperhitungkan value sebuah Website?

Sebagaimana seorang pacar yang bersedia untuk mencintai anda 🙂 , Google harus MEMPERCAYAI web anda dahulu sebelum mencintainya. Untuk memenuhi syarat kepercayaan tersebut, keterkaitan atau interkoneksi website dengan dengan dunia online harus kuat. Interkoneksi seperti ini lebih besar efeknya daripada ribuan perkataan atau cerita seseorang mengenai website anda. Semakin baik interkoneksi web anda dengan web dan elemen-elemen internet lainnya, semakin tinggi peringkat atau cinta yang akan diraih. Omong-omong, apa sih yang saya maksud dengan interkoneksi? Tidak lain dan tidak bukan adalah tautan atau link yang dirujukkan/diarahkan pada web. Singkatnya, link-link tersebut kemudian dikenal sebagai backlink. Jika web bisa mendapatkan tautan link atau backlink dari situs-situs yang terpercaya dan memiliki peringkat tinggi/baik, maka itu adalah nilai lebih yang dapat meningkatkan peringkat web. Namun demikian, backlinking sebenarnya bukan hanya berasal dari halaman web atau situs lain, tapi termasuk backlinking dari halaman-halaman dalam web yang sama yang menautkan link-link ke halaman lain (internal linking).

Langkah pertama untuk melakukan link building adalah dengan menautkan link dari halaman-halaman konten lama ketika membuat konten baru. Buatlah sitemap/peta situs, susun navigasi seperti menu, list arsip, dan struktur web yang baik dan memudahkan pengunjung web. Apa yang mudah diakses dan dicari pengunjung mudah pula untuk diakses dan ditemukan oleh crawler (perayap) search engine.

Untuk melakukan link building eksternal (off page), anda dapat memulai dengan berkomentar di blog-blog, membuat konten menarik di forum dan menautkan link ke web, mendaftarkan situs di direktori web dan konten ke social bookmark, dan lain-lain. Sebenarnya cara ini adalah cara paling mudah dan lazim ditemui dalam link building, meskipun sebenarnya bersifat kurang natural.

Mengapa? Karena yang diharapkan Google dalam penilaian tautan atau backlink ke suatu website memang karena suatu website dianggap bagus dan referensial oleh website lain dan kemudian diberikan penautan sebagai referensi atau kredit. Inilah link yang paling berkualitas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian melakukan teknik guest posting (menjadi penulis tamu) di blog/web lain dan menautkan linkback ke situs sang penulis. Ada pula yang melakukan strategi article marketing, menulis artikel di direktori-direktori artikel. Namun menurut saya, sebagai awalan, fokus utama dan paling penting justru pada web dan konten web (teknik onpage SEO).

Dengan banyaknya update algoritma Google seperti Panda and Penguin Update baru-baru ini, teknik link building semakin disoroti karena banyaknya spam dan cara-cara curang lainnya. Banyak situs yang terdampak penalti karena kasus spam autu backlink yang dianggap tidak natural. So, sebelum memutuskan melakukan link building, sebaiknya pikirkan strategi yang hendak dipakai. Perlu dipahami pula bahwa backlink bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan SEO web. Alih-alih, link building yang dilakukan dengan cara buruk (spamming, paid links, dll) justru dapat merusak kredibilitas web, baik di mata search engine maupun orang-orang (pengunjung/user).

Pertimbangan lain yang berpengaruh pada kepercayaan Google adalah usia web, atau setidaknya usia domain. Web yang telah memiliki cukup usia biasanya telah mengalami ribuan kali proses crawling search engine. Google memiliki pertimbangan bahwa suatu situs yang telah mengalami banyak crawl dan telah dikenal kontennya memiliki kredibilitas cukup baik. Meskipun masih menjadi perdebatan mengenai usia domain, namun sangat logis jika suatu situs dan domain baru mendapat prioritas lebih rendah pada awalnya karena telah ada situs-situs sejenis lainnya yang eksis lebih dulu. Penekanannya adalah: SEO bukanlah proses yang instan, ada banyak proses dan waktu yang harus ditempuh untuk membuat situs memiliki otoritas dan visibilitas. Jangan pernah terburu-buru atau tergiur dengan bentuk-bentuk layanan SEO instan yang menyesatkan karena fakta dari update-update yang terus dilakukan Google menunjukkan bahwa Google tidak merestui cara SEO curang (blackhat SEO). Teruslah membuat dan menyuguhkan konten berkualitas kepada pengunjung sambil melakukan usaha-usaha SEO.

Meskipun Search engine semakin canggih dalam membaca suatu halaman/konten web, masih ada banyak keterbatasan. Ingat, search engine (dalam hal ini, crawler) MEMBACA isi web, bukan MELIHAT isi web. Kemampuan membaca tersebut bergantung pada struktur web yang dibacanya. Search engine masih sangat tergantung pada struktur dasar web, yaitu HTML, meskipun mungkin saja struktur HTML tersebut dibangun dengan XML, PHP, ASP, DHTML, XHTML, dll (dynamic content). Hindari penggunaan web berbasis flash atau frame, karena search engine masih belum bisa membacanya dengan baik. Meski Google telah dan terus melakukan ujicoba dan pembaruan teknologi algoritma untuk membaca konten berbasis flash, sampai saat ini belum ada hasil yang memuaskan. Jika terpaksa harus menggunakan flash, sertakan text dan link navigasi di atas atau di bawah flash sehingga Google dapat menemukannya.

Konten original dan berkualitas adalah cara paling ampuh untuk mendapatkan traffic dalam jumlah masif. Buat konten yang jelas, bermanfaat, menarik, menantang, dan menunjukkan apa sebenarnya isi web/blog. Bagi pengunjung, konten asli + berkualitas merupakan nilai lebih, karena mereka tidak akan menemukannya di tempat lain. Bagi search engine, konten unik memiliki kekayaan keyword dan nampak disusun secara natural tanpa ada rekayasa untuk mengejar kepadatan keyword. Konten-konten demikian akan menjadi alat analisis algoritma search engine guna menentukan kualitas dan tema (niche) yang dibawa oleh website tersebut. Semakin unik dan kaya suatu konten, semakin besar peluang untuk mendapat perhatian dari search engine. Jangan lupa, terus update konten anda, jika perlu buat blog khusus untuk mendukung web.

Konten berkualitas juga memberi peluang besar adanya backlinking dari orang atau web/blog yang menyukai atau mereferensikannya. Ini berarti usaha link building tidak pernah habis dan berhenti. Pengunjung akan sukarela memberi tautan ke web atau blog anda, membaginya ke social media/network, mereferensikannya melalui email, berlangganan update terbaru blog/web, dan banyak lagi efek viral lainnya. Dan itulah cinta sesungguhnya, bukan?

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *