Peran Komunitas dalam Ekosistem Game Indonesia

Game Review

Di beberapa negara maju, konsep Triple Helix sudah lama diperbincangkan dan umum digunakan. Sebuah konsep yang coba mensinergiskan posisi dan peran tiga elemen kelembagaan: pemerintah, industri, dan akademik. Bagaimana dengan Indonesia?

Beberapa opini yang berkembang, Indonesia memiliki model yang lebih dari sekedar Triple Helix, yaitu Quad Helix. Selain tiga elemen kelembagaan di atas, ada satu lagi yang memegang posisi dan peran yang penting, yaitu komunitas. Komunitas sejauh ini memang tidak dapat dipungkiri memiliki andil besar dalam pergerakan aktif masyarakat dalam banyak aspek perbaikan dan pembangunan di Indonesia.

Lalu apa saja komunitas yang berpengaruh dalam ekosistem game Indonesia? Bagaimana peran mereka dalam mendukung pelaku industri, riset akademik, dan regulasi pemerintah?

Masih dalam persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, Segitiga.Net akan coba membahas peran komunitas dalam ekosistem game Indonesia. Diharapkan bahasan ini kemudian bisa menyiapkan dan membangun komunikasi dan koordinasi kelembagaan dalam ekosistem game Indonesia.

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *