Manfaat Blog Bagi Web dan Bisnis Online

Bisnis Online

Saya pernah mendapatkan pertanyaan dari klien, Mengapa harus membuat Blog, mas? Kan sudah ada website, dan itu cukup kan untuk promosi online? Mungkin pertanyaan ini juga muncul di benak anda yang baru terjun di dunia online untuk memasarkan produk atau jasa. Pertanyaan tersebut menurut saya cukup berbobot dan menyediakan jawaban bagi pertanyaan tersebut adalah hal penting karena akan memberikan gambaran arti penting blog di dunia online, dan tentunya bagi dunia bisnis.

Manfaat Blog Bagi Web dan Bisnis Online

Blog adalah salah satu dari sekian banyak bentuk social media dan networks. Sebagaimana social media pada umumnya, blog adalah sarana bersosialisasi dan tempat dimana komunikasi berlangsung. Kan sudah pake Y! Messenger dan Facebook Chat? Beda. Yang dimaksud dengan komunikasi tidak serta merta berarti komunikasi langsung dua arah, tetapi sebagai tempat untuk mengkomunikasikan segala hal yang berkaitan dengan bisnis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mari kita lihat beberapa poin berikut:

1. Promosi Produk

Anda bisa menggunakan web untuk mengutarakan banyak hal secara langsung melalui halaman-halaman web. Namun demikian, hal-hal detil akan terlihat sangat mengumbar, inefisien, dan bertele-tele apabila dituangkan semua di web. Web adalah landing page yang siap memberikan informasi promosional singkat dan diharapkan membawa ke level selanjutnya, transaksi. Anda butuh media lain yang dengan leluasa dapat menjelaskan banyak detil tanpa keterbatasan ruang dan konteks. Dengan blog, anda juga dapat menginformasikan paket promo produk dengan detail tertentu, misalnya kode kupon diskon.

2. Detail Produk

Menunjukkan latar belakang produk dan segala hal yang berkaitan dengan bisnis yang ditawarkan sangat penting. Dengan adanya blog, anda dapat mengulas berbagai macam hal yang tidak tertampung di web. Misalnya bisnis anda bergerak di bidang obat-obatan; dengan menggunakan blog anda bisa mengulas lebih dalam mengenai berbagai macam penyakit, fungsi obat, cara penanganan penyakit, dsb.

3. Update

Ada kalanya anda harus mengupdate produk, jenis, bentuk, atau cara pelayanan seiring perjalanan waktu. Informasi mengenai update sangat dibutuhkan untuk memberikan pengertian dan informasi awal kepada konsumen. Perubahan/update tanpa pemberitahuan sebelumnya dapat dianggap menipu bahkan merugikan konsumen. Posting blog yang berisi update/perubahan yang akan terjadi atau tidak berlakunya lagi suatu jenis layanan merupakan wujud pertanggungjawaban bisnis. Pengunjung atau customer yang tertarik dengan update produk atau blog dapat berlangganan sehingga ini dapat digunakan mengikat konsumen lebih erat.

4. Tips (How To)

Jika layanan anda membutuhkan banyak langkah, prosedur, atau tahap-tahap penggunaan layanan, sediakan tips bagi pengunjung/customer. Mungkin anda sudah menjelaskan langkah-langkah di halaman web tertentu, namun akan sangat menyenangkan apabila anda juga menyediakan tips agar user dapat menggunakan layanan secara efisien dan mudah. Dengan adanya tips-tips semacam ini, user experience akan meningkat dan pengunjung web merasa terlayani dengan baik dan betah. Anda juga dapat memberikan tips lain berkenaan dengan cara menangani suatu masalah yang secara tidak langsung berkaitan dengan bisnis/produk yang ditawarkan.

5. Kontribusi

Blog merupakan sarana penyebaran informasi dan pembelajaran yang paling efektif di dunia online. Berkontribusilah dengan menyediakan artikel-artikel bermanfaat melalui blog, baik berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan bisnis. Namun demikian, hindari mengisi blog dengan hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche bisnis anda. Misalnya, jika anda bergerak di bisnis jasa desain grafis akan sangat tidak elegan jika anda membahas atau mengetengahkan review/download film, kecuali jika membahas teknik desain grafis yang digunakan pada cover film. Selain tidak berhubungan, nilai konversi juga nol.

6. Menunjukkan Keahlian di Bidang yang Digeluti (Expertise)

Dengan memiliki dan berbagi konten blog, anda dapat membuktikan keahlian atau kemahiran dalam bidang bisnis yang ditawarkan. Ini jauh lebih efektif daripada mengumbar rayuan/bujukan ketika menawarkan produk/jasa di halaman web. Dengan mengulas suatu tema di blog, anda dapat dengan mudah menunjukkan kedalaman pengetahuan dan skill dalam menangani suatu masalah. Misalnya, jika anda bergerak di bidang bisnis penjualan dan pembuatan t-shirt, anda dapat berbagi tips-tips, permasalahan, dan kualitas suatu produk t-shirt. Dengan cara ini, kepercayaan pengunjung/customer kepada anda, bisnis, dan brand meningkat (brand awareness and trust).

7. Traffic dan Visibilitas Web/Bisnis

Blog merupakan penyumbang traffic terbesar di dunia Internet dan Web. Dengan memiliki banyak halaman blog, kemungkinan mendapatkan traffic jauh lebih besar. Konten blog juga terbukti meningkatkan kualitas, visibilitas, dan popularitas web serta bisnis/brand yang diusung. Search engine sangat menyukai konten yang selalu terupdate, sehingga dengan adanya blog yang bersifat dinamis, kesempatan web untuk dapat bersaing dengan web lain melalui usaha SEO terbuka lebar.

8. Konversi

Sebagai sarana promosi itu sendiri, blog merupakan referensi dan informasi bagi pengunjung yang mencari produk tertentu. Mereka butuh review, penilaian, detil, dll untuk meyakinkan diri mereka sebelum membeli atau menggunakan produk tertentu. Dengan demikian, blog memiliki kontribusi untuk meningkatkan nilai konversi pengunjung menjadi customer. Efeknya jauh lebih hebat daripada cara penawaran langsung melalui web.

Jika di break down, masih akan ada banyak lagi keuntungan blog untuk mendukung web dan bisnis secara online. Oleh karena itu, sangatlah penting memiliki blog untuk mendukung promosi web dan bisnis anda. Jika menggunakan engine seperti WordPress atau Joomla, ada banyak theme dan template yang menggunakan konsep web dan blog dalam satu paket. Anda juga bisa menggunakan platform-platform blog lain sebagai blog pendamping, misalnya Blogger.

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *