Konsistensi Dalam Upaya SEO Website/Blog

Salah satu faktor penting dalam SEO yang kadang dianggap sepele, dilupakan, bahkan sama sekali diabaikan. Faktor ini sekaligus menjadi landasan penting bagi perkembangan web/blog dan sebagai alat pertahanan dalam menghadapi persaingan. Sebuah website/blog hanya akan hadir sebagai butiran pasir kecil di tengah padang pasir yang luas tanpa adanya ini: KONSISTENSI.

Jika anda bertanya di sana-sini mengenai usaha/strategi SEO apa yang perlu dilakukan demi meningkatkan posisi website di persaingan hasil search Engine (SERP), meningkatkan visibilitas, popularitas, dan PageRank, maka jawaban yang ditemui pasti hampir sama: Onpage SEO, meningkatkan baclink atau usaha link building, konten yang unik, memaksimalkan kepadatan keyword, penggunaan title tags, dan lain sebagainya. Meskipun sudah tentu, beberapa di antara poin tersebut memang penting, namun usaha-usaha tersebut hanya akan memberikan sedikit value jika anda tidak mengkombinasikannya dengan konsistensi.

Apa yang dimaksud dengan “Konsistensi”? Sebagai contoh, anda baru saja merilis sebuah website/blog dengan konten yang kaya, unik, dan memiliki ratusan bahkan ribuan backlink, akan tetapi website tersebut akan sangat sulit meraih peringkat pada keyword apapun kecuali anda terus secara konsisten menambahkan konten-konten baru dan melakukan link building.
Sebaliknya, sebagai contoh anda merilis sebuah website/blog dengan konten yang sedikit dan tidak punya backlink sama sekali, namun pada prosesnya anda terus melakukan penambahan dan pembaruan konten serta melakukan link building secara rutin (ingat, yang saya maksud dengan rutin bukanlah membuat backlink sebanyak-banyaknya dalam satu waktu), website/blog tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk bersaing pada keyword-keyword tertentu.SEO web yang konsisten.
Saya akan coba ilustrasikan poin perbandingan di atas dengan contoh berikut:
Katakanlah saya membuat dan merilis dua buah blog dengan niche yang sama persis; serta mentarget keyword-keyword yang sama pula. Sebut saja keduanya sebagai blog Si A dan blog Si B, Si A dan Si B 😉 . Di blog Si A, saya langsung mem-publish kira-kira 50 artikel sekaligus dan berusaha mendapatkan ratusan backlink dalam sehari. Kemudian di blog Si B, saya mem-publish 1 artikel per satu atau dua hari, atau bahkan seminggu sekali, dan berusaha mendapatkan 10 backlink saja setiap minggu. Setelah 6 bulan sampai 1 tahun, saya dengan amat sangat yakin berani bertaruh bahwa blog Si B akan memiliki ranking search engine yang jauh lebih tinggi dari blog Si B. Dan semuanya adalah karena konsistensi.
Apa yang bisa digarisbawahi dari ilustrasi kedua blog tersebut? Natural dan tidak natural, dan semuanya berujung pada konsistensi. Google sangat memperhatikan bagaimana sebuah konten dipublish, dan bagaimana sebuah backlink didapat. Secara bahasa awam, akan sangat “mencurigakan” jika seseorang mampu menulis puluhan halaman konten dan mendapatkan ratusan backlink dalam waktu singkat, Tentu ada hal “tidak natural” yang dilibatkan di dalamnya. Kaitannya dengan konsistensi, sebagai sebuah media online website/blog dilogikakan sebagai media yang terus diperbaharui sebagai tanda bahwa media tersebut hidup. Terakhir, pembaruan backlink menandakan bahwa web/blog tersebut memiliki peningkatan popularitas dan kepercayaan dari website lain, serta terus memperkuat relevansi-nya.
“Google sendiri telah meng-konfirmasi bahwa kecepatan sebuah website menerbitkan konten baru dan mendapatkan backlink menjadi salah satu parameter di dalam algoritma Google.”
Nah, kapanpun anda membuat dan merilis website/blog baru atau menangani website/blog yang sudah ada, ingatlah bahwa “lambat” dan “ajeg” menjadi dua kata penting yang justru dapat memenangkan perlombaan dan persaingan website di dunia internet. Jadi benar adanya jika kita mengingat pada filosofi Jawa berikut: “Alon-alon waton kelakon” atau “perlahan tapi pasti”, atau mungkin terjemahan bebasnya, “biar lambat asal selamat”…..

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *