Hira Karmachela, Desainer Board Game Hopememento

Hira Karmachela, Desainer Board Game Hopememento

Sebuah board game asli Indonesia bernama Hopememento, telah melakukan kampanye penggalangan dana di situs galang dana Indonesia, wujudkan.com.

Di halaman wujudkan.com dijelaskan board game ini dibuat sebagai media pengembangan soft skill dan memberikan nilai-nilai pendidikan untuk anak-anak. Mau tahu seperti apa itu board game Hopememento? Berikut ini adalah wawancara saya dengan sang desainer board game Hopememento, Hira Karmachela.

Halo Hira, boleh jelaskan apa itu board game Hopememento?

Dalam permainan Hopememento, pemain adalah petualang waktu yang terjebak dalam penghentian waktu sehingga mengharuskan pemain untuk menyelesaikan misi dengan mengembalikan waktu agar kembali berputar dengan cara mencapai portal waktu bernama Hopememento sebelum kartu waktu habis sebanyak 60 detik (lembar). Hopememento dapat dimainkan oleh satu hingga lima orang.

Setiap pemain memainkan peran yang dimanifestasikan berupa kartu karakter (Hero) yang berbeda, yang tersedia dalam permainan. Aturan akan sedikit berbeda untuk setiap jumlah pemain. Pemain harus mengumpulkan 12 token jalan untuk dapat mencapai portal waktu. Tapi, token jalan itu dicuri oleh para monster, yang membuat para pemain harus mampu mengalahkan monster-monster tersebut. Untuk membantu para pemain mengalahkan monster, pemain dapat menggunakan kristal kebajikan berupa dadu yang dapat meningkatkan poin kemampuan pemain. Tapi, untuk menggunakan kristal kebajikan, pemain harus membayar waktu sebanyak 1 detik. Pengurangan waktu pun akan terjadi jika pemain kalah saat melawan monster.

Apa sih tujuan dari pembuatan Hopememento ini?

Hopememento adalah permainan papan yang dirancang bukan untuk sekadar memberikan kesenangan tapi juga memberikan nilai-nilai pendidikan. Dalam hal ini, pendidikan yang dimaksud ditekankan pada pendidikan soft skill. Mekanisme permainan papan yang mengkondisikan interaksi antarpemain memungkinkan penerapan nilai-nilai pengembangan soft skill di dalamnya. Selain itu, dalam Kartu Hero akan tertera status kemampuan karakter yang merupakan nilai positif, yaitu Kasih Sayang, Tanggung Jawab, dan Impian. Setiap status kemampuan memiliki besar poin yang berbeda-beda untuk setiap karakter. Status kemampuan ini yang nantinya akan melawan status kemampuan para monster berupa nilai negatif, yaitu Amarah, Pengingkaran, dan Mimpi Buruk. Adapun penerapan soft skill lainnya berupa kutipan-kutipan mengenai waktu yang akan diaplikasikan di kartu waktu.

Saya melihat bahwa Hira melakukan penggalangan dana melalui wujudkan.com. Boleh minta komentarnya soal situs galang dana (crowdfunding) di Indonesia?

Pendapat saya mengenai situs penggalangan dana di Indonesia, khususnya wujudkan.com sangat optimis. Saya melihat dan ikut merasakan bahwa banyak potensi atau ide-ide kreatif yang terhambat untuk diwujudkan karena masalah pendanaan, lalu salah satu solusinya adalah dengan crowdfunding. Walaupun situs wujudkan.com masih dalam versi beta tapi saya merasa mendapatkan pelayanan dan kerja sama yang baik dengan prosedur yang cukup rapi serta sederhana. Sehingga dengan mudah saya pun dapat ikut serta mengkampanyekan proyek saya melalui situs tersebut.

Harapannya agar banyak pihak yang dapat celik terhadap ide-ide kreatif anak bangsa melalui situs-situs crowdfunding tersebut dan mewujudkannya bersama. Saya yakin dengan terlibatnya banyak pihak baik sebagai kreator, sponsor, maupun supporter maka situs-situs crowdfunding di Indonesia dengan sendirinya akan tampil secara optimal baik dari segi pelayanan, kerja sama, dan kredibilitasnya.

Oke deh Hira, semoga sukses dengan board game Hopememento dan kampanye penggalangan dananya di wujudkan.com. Untuk kamu yang mungkin tertarik ingin ikut mendukung Hira dalam pembuatan dan realisasi board game ini, kamu bisa kunjungi situs wujudkan.com. Rencananya board game ini juga akan diperkenalkan di acara Prototype Day #3 yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 April mendatang.

Ayo kita sama-sama dukung game-game positif buatan dalam negeri!

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *