Cara Perbaiki “Error Establishing a Database Connection” WordPress

Tutorial Wordpress

Informasi “error establishing a database connection” intinya adalah situs WordPress anda tidak mampu membuat koneksi dengan database. Penyebabnya ada banyak. Salah satunya adalah ketidakmampuan server untuk menampung dan memproses request karena traffic yang terlampau tinggi melampaui kemampuan/limit server. Kasus lainnya adalah kegagalan server untuk akses database karena username dan atau password database berubah atau tidak sesuai (misalnya diubah setelah website di-hack). Kesalahan lain adalah edit database secara manual yang tidak tepat, kesalahan plugin, theme, dll. Anda harus mencermati berbagai sebab itu sebelum melakukan perbaikan. Akan tetapi, pada umumnya kasus ini bisa diatasi dengan tool khusus dan otomatis yang sudah disediakan oleh WordPress.

Fitur “repair database” ini ada pada WordPress, namun anda harus melakukan konfigurasi tertentu terlebih dahulu sebelum mengaktifkannya.

1. Buka cPanel.
2. Akses file manager.
3. Di folder website anda (public_html), cari file wp-config.php.
4. Klik kanan pada file tersebut, lalu pilih edit atau code edit, terserah mau pilih yang mana.

file manager > wp-config.php

5. Setelah file editor terbuka, tambahkan baris berikut ke dalam wp-config.php, tepat setelah tag php pembuka:

define (‘WP_ALLOW_REPAIR’, true);

6. Klik tombol save.
7. Untuk memperbaiki koneksi database secara otomatis, akses url berikut:

http://namasitus.com/wp-admin/maint/repair.php
atau
http://www.namasitus.com/wp-admin/maint/repair.php

Ganti namasitus.com dengan domain anda dan akses dengan atau tanpa www sesuai setting website anda.

8. Anda akan masuk ke halaman “repair database”. Klik tombol “repair database” dan tunggu hingga informasi perbaikan database berhasil. Ada tombol lain di bagian bawah, “repair and optimize database” yang selain berfungsi memperbaiki juga mengoptimasikan database. Saya tidak anjurkan penggunaan fitur ini karena proses akan memakan waktu lama. Anda bisa mengoptimasikan database di waktu dan dengan cara lain serta sebaiknya fokus pada memperbaikinya terlebih dahulu.
9. Setelah proses selesai, hapus baris yang sudah ditambahkan pada file wp-config di awal langkah tadi, sebab jika tidak dihapus, maka orang-orang tidak bertanggungjawab bisa memanfaatkannya untuk hal yang buruk.

That’s it. Jika ternyata solusi di atas tidak dapat menyelesaikan kasus “error establishing a database connection” pada situs WordPress anda, langsung kontak pengelola/admin server hosting anda sebab bisa jadi sebabnya lebih kompleks daripada masalah-masalah yang sudah disampaikan di awal.

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *