Cara Mudah Mencari Theme WordPress Tanpa Stress

Tutorial Wordpress

Biasanya saya menggunakan FrameWork Thesis atau Genesis untuk mengerjakan semi custom theme. Tinggal membuat atau mengedit child theme dan desainnya, tanpa harus terlalu banyak mengutak-atik core files. Cara kedua, mencari premade theme sesuai referensi saya, dan memasrahkan semua kostumisasi desain kepada saya dengan review oleh klien. Yang ketiga, membuat custom theme benar-benar dari awal. Biasanya cara ketiga ini yang paling banyak “dihindari” klien, sebab butuh budget yang cukup tinggi.

Cara Mudah Mencari Theme WordPress Tanpa Stress

Tapi…. keinginan klien yang satu ini agak beda.

Dia memilih cara kedua, tapi dengan spesifikasi yang cukup rumit. Tidak hanya pada fungsi dan fitur, tapi juga detil desain yang tidak perlu lagi dikostumisasi terlalu banyak, karena dia ingin segera membuat website-nya online dalam satu atau maksimal dua hari. Pengen cepet-cepet dapat traffic blog, katanya. Saya tidak perlu menjelaskan specs-nya di sini, tapi yang jelas, setelah beberapa contoh theme saya hadapkan, dia masih belum sreg juga. “Terlalu ribet tampilannya”, katanya. Hmm…, bagaimanapun melayani klien adalah kewajiban (ciee..).

Browsing di ThemeForest, WootThemes, dan marketplace theme lainnya tidak memberikan hasil apa-apa, sebab tidak akan cukup waktu sehari untuk mencari di sana. Akhirnya saya mengetikkan keyword ini di Google (dengan agak stress):

“is there a theme for this site??????”

Dengan nada “agak stress” (di benak saya) dan dengan membubuhkan banyak tanda tanya karena hampir giving up, berikut jawaban Google:

Entah karena Google sok tahu atau karena kebetulan, Pertanyaan saya, “is there a theme for this site?” seperti benar-benar mendapat jawaban, “Yeah, there is a theme for that!“. Benar-benar kebetulan, sebab ketika saya cari dengan kueri agak berbeda, situs tersebut tidak ada di halaman pertama. Yah, situs ini adalah thereisathemeforthat.com. Sebuah situs catalog dan pencarian theme dari berbagai marketplace dan pembuat theme, dengan berbagai jenis sorting untuk mengelompokkan jenis theme berdasarkan banyak kriteria. jadi kita tidak perlu browsing theme satu per satu. Tentu menghabiskan banyak waktu, dan belum tentu mendapat theme yang diinginkan. Kabar baiknya, theme WordPress gratis juga masuk ke dalam catalog sehingga bagi anda yang masih merasa sayang untuk membuang uang demi theme, bisa mencari juga di sana.

Setelah masuk ke situs tersebut, jika tidak ingin melakukan browsing (yang melelahkan itu) segera klik “Search Themes” di sidebar kanan. Akan muncul popup yang berisi berbagai macam opsi.

Anda bisa memasukkan keyword, kategori theme, cara/paket/jenis pembelian (developer, standalone, free, dll) dan range harga. Note: sebaiknya keyword dikosongkan sebab biasanya akan membingungkan mesin pencari dan tidak ditemukan hasil. Geser dua tombol di sebelah kanan untuk memberikan range harga yang lebih spesifik, misalnya seperti contoh di atas adalah dari 35 hingga 80 dollar. Untuk mencari gratisan, set semua mentok ke kiri: 0; atau pada purchase options pilih “free”. Kemudian untuk memilih fitur lain seperti responsive, gallery, buddypress, contact form, dll, centang fitur-fitur di bagian bawah. Kemudian lihat di kiri bawah, ada informasi TOTAL: (jumlah yang ditemukan). Terakhir, klik search dan anda akan dibawa ke halaman hasil pencarian.

Saya pribadi akhirnya menemukan Theme yang saya cari, langsung membeli, dan install; beres sudah!

Jumlah theme yang ada di katalog lebih dari 1750 buah dan terus bertambah. Tentu akan menjadi pekerjaan berat apabila kita browsing masing-masing theme marketplace, artikel-artikel list theme, website pembuat theme, dan lain-lain. Cara ini saya pandang cukup membantu. Bagaimana cara yang anda gunakan? Tell me what you think .:)

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *