6 Danau Paling Indah di Sumatera

6 Danau Terindah

Pulau Sumatera adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia setelah Papua dan Kalimantan. Pulau Sumatera ini terbentang dari Provinsi Aceh hingga provinsi Lampung.

Pulau Sumatera memiliki banyak keindahan destinasi wisata baik di darat dan di laut yang sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu punya waktu datang dan nikmatilah keindahan yang ada di pulau Sumatera tersebut. Dijamin kamu tidak akan menyesal seumur hidup.

Kali ini kita akan membahas tentang keindahan beberapa danau yang ada di pulau Sumatera. Danau-danau itu adalah:

1. Danau Aneuk Laot (Aceh)

Danau Aneuk Laot atau Danau Anak Laut adalah danau yang berada kota Sabang, Pulau Weh, Aceh. Danau ini juga merupakan sumber mata air bagi penduduk yang berada di Pulau Weh.

Lokasi ini juga menjadi favorit para pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri untuk menghabiskan masa liburan mereka.

Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot memiliki pemandangan yang indah sehingga menjadi tempat yang sangat cocok untuk berlibur, menghilangkan stres dan kepenatan serta bisa juga mengekspresikan hobi foto-foto kamu.

Suasana di lokasi ini sangat indah dan sejuk. Kamu pastinya akan betah tinggal berlama-lama di sana menghabiskan liburan kamu sendiri maupun bersama teman-temanmu.

2. Danau Toba (Sumatera Utara)

Danau Toba merupakan danau terbesar yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Danau ini adalah sebuah danau vulkanik dyang panjangnya mencapai 100 kilometer dan lebarnya sekitar 30 kilometer.

Diperkirakan Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (wikipedia).

Danau Toba

Di tengah-tengah danau juga terdapat pulau Samosir.

Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Sumatera Utara. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keindahan lokasinya.

Tempat ini telah menjadi ikon wisata Sumatera Utara dan tempat ini bahkan sering kali dijadikan tempat syuting beberapa film FTV.

3. Danau Singkarak (Sumatera Barat)

Danau Singkarak adalah danau terbesar di Sumatera Barat. Danau ini terletak di dua kabupaten yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Danau Singkarak

Di danau ini terdapat pula ikan endemik yang dinamakan ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis). Tempat ini setiap akhir pekan ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik dan mancanegara.

Nama danau ini bahkan diabadikan menjadi iven balap sepeda terbesar di Asia Tenggara, Tour de Singkarak (TdS).

Di lokasi ini kamu juga bisa menikmati cemilan khas pinggir danau yakni pensi. Pensi adalah kerang-kerang kecil khas danau Singkarak.

4. Danau Maninjau (Sumatera Barat)

Selain danau Singkarak, tempat yang paling sering dikunjungi adalah danau Maninjau. Lokasinya berjarak 2-3 jam dari danau maninjau jika menggunakan kendaraan darat.

Suasana di tempat ini sangat romantis dan memesona. Tak heran jika danau ini menjadi pilihan lain bagi pelancong yang datang ke Sumatera Barat.

Danau Maninjau

Sebelumnya tiba di lokasi ini, kamu juga akan disuguhkan dengan kelok 44 yang terkenal dan keindahan alam tempat kelahiran buya Hamka ini.

Danau ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat budi daya ikan air tawar. Danau ini juga terkenal dengan ikan Rinuak.

5. Danau Di Atas dan Di Bawah (Sumatera Barat)

Satu lagi tempat di Sumateara Barat yang wajib kami kunjungi jika berlibur di daerah ini ialah danau Di Atas dan danau Di Bawah.

Dua danau ini letaknya berdekatan dan memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan. Di daerah ini juga terdapat kebun teh dan bisa melihat keindahan gunung Talang.

Danau Di Atas dan Di Bawah

Keunikan danau ini adalah danau Di Atas lokasinya berada di bagian bawah dan danau Di Bawah lokasinya berada di bagian atas.

Tempat ini ramai dikunjungi para pelancong untuk menghabiskan masa libur dan menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan lelah.

6. Danau Kerinci (Jambi)

Danau Kerinci merupakan sebuah danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Di tempat ini juga terkenal dengan daerah penghasil teh terbaik di Indonesia.

Danau Kerinci

Danau yang berada di Kabupaten Kerinci ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatra, setalah Danau Toba. Selain pemandangannya yang sangat menawan, danau ini juga berfungsi sebagai salah satu sumber daya air di Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi. Air di danau ini mampu untuk menyuplai kebutuhan air masyarakat, baik untuk pertanian, maupun kebutuhan air minum.

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *