40 Tips untuk Memahami SEO Secara Lebih Baik

Dalam dunia digital seperti sekarang, semua selalu berkaitan dengan perangkat dan keterhubungan (connection). Komunikasi era sekarang tidak pernah lepas dari “dunia data”, hampir segala hal transaksional selalu melibatkan aktivitas mengirim dan menerima data. Peluang digital marketing menjadi besar, sehingga muncullah berbagai upaya untuk melancarkan dan mensukseskan pemasaran melalui jalur ini.

Salah satu metode terpopuler adalah SEO. Namun tampaknya upaya untuk memenangkan pertarungan di hasil pencarian search engine ini kini makin sulit, terutama bagi yang baru terjun dalam dunia SEO yang penuh misteri ini. 😆 Berbagai aturan, panduan, dan batas-batas dibuat oleh empu Google untuk menyaring hasil pencarian guna memberikan yang terbaik bagi user dan untuk mengikis berbagai praktek curang. Untuk mengawalnya, Google merilis berbagai algoritma dengan spesifikasi masing-masing. Semakin ke sini, semakin banyak saja algoritma yang memperketatnya. Pembaruan tidak terhitung lagi jumlahnya. Banyak yang bilang, “disitu kadang saya merasa sedih“.. heuheu…

Pokok dari semakin rumitnya SEO bukanlah pada peraturan atau kebijakan yang ditelurkan Google, melainkan kekurangpahaman pada esensi SEO dan bagaimana Google menilai sebuah website dan kontennya. Alih-alih, banyak yang memilih masuk ke dalam jebakan black hat SEO yang memang mengggiurkan, hasilnya cepat terlihat, tapi tak lama kemudian situs terjerembab hingga di halaman-halaman akhir hasil pencarian. Bukannya memberikan pemahaman yang baik mengenai SEO, black hat SEO justru akan menjauhkan dari upaya SEO yang etis, tepat, dan efisien.

Berikut beberapa poin tips singkat untuk memahami dan melakukan upaya SEO dengan lebih baik:

 

  1. Jika anda memiliki website dengan konten minimal, fokuslah pada beberapa kata kunci target saja.
  2. Jangan buat/tambahkan halaman tanpa alasan kuat, anda harus memiliki strategi konten yang menyeluruh.
  3. Aspek dasar dari SEO adalah penargetan kata kunci (keyword) dan distribusi permintaan kata kunci.
  4. Jangan heran jika upaya SEO yang tepat untuk Google juga akan berpengaruh baik pada Bing dan Yahoo. Setali tiga uang.
  5. Google terus mencari “pembuat konten” yang mampu menuliskan konten yang benar-benar bernilai tinggi dan bermanfaat. Proses ini tak pernah berhenti.
  6. Cara Google menarget konten adalah melalui topik/niche dan kata kunci di dalam website anda.
  7. Fokuslah pada keyword panjang (long tail keywords) daripada keyword pendek (satu atau dua kata).
  8. Di masa mendatang, pemasar konten yang hebat adalah mereka yang berfokus pada kualitas dibanding kuantitas. (selengkapnya tentang content marketing)
  9. Untuk tetap menjaga relevansi, buatlah konten unik dan kreatif. Konten yang sama persis dengan website lain akan menodai relevansi itu.
  10. Membagi konten orang lain sah, asal sesuai dengan ketentuannya. Tapi mengambil alih konten dan mengakuinya akan sangat berbahaya bagi SEO.
  11. Jika anda tidak bisa menjelaskan konten yang anda tulis dengan baik, maka anda tidak memahaminya.
  12. Tingkat kejelasan di dalam konten yang anda tulis sama halnya dengan tingkat kejelasan pada saat anda berbicara.
  13. Buat konten senatural mungkin. (selengkapnya di sini)
  14. Baca konten anda dengan bersuara, anda pasti akan menemui suatu poin yang harus direvisi.
  15. Membuat konten berkualitas, bermanfaat, dan berkesan harus menjadi prioritas tinggi, di atas semua upaya SEO lainnya.
  16. Sediakan transcript, rangkuman, atau deskripsi di bawah konten video, untuk memberi kesempatan mereka yang memiliki keterbatasan waktu atau koneksi internet.
  17. Pengalaman pengguna yang buruk dalam mengakses situs anda bisa merusak peringkat situs di hasil pencarian. (aksesibilitas website)
  18. Website harus bisa menyediakan halaman untuk perangkat lainnya / mobile. (mobile friendly, MobileGeddon).
  19. Jika anda menyediakan versi berbeda untuk perangkat mobile (mobile version), pastikan Google tahu bahwa itu merupakan versi lain dari website anda.
  20. Perlakukan Googlebot layaknya manusia. Google sekarang bisa mengakses hampir semua elemen website.
  21. Mitos: Pagerank adalah alat ukur popularitas sebuah website (Pagerank sudah mati).
  22. Gunakan redirect 301 jika ada halaman yang dihapus, salah permalink, atau digantikan halaman lain secara permanen. Redirect yang salah bisa merusak SEO. (redirect 301)
  23. Google dan beberapa search engine lain menekankan penggunaan keyword penting pada tag H1. (tentang tag heading).
  24. Pastikan judul halaman (tag judul) mengandung keyword penting, tapi tidak lebih dari 2 kata kunci. Jangan banjiri dengan keyword. (title tag).
  25. Setiap gambar yang ada di dalam halaman harus dioptimasikan sedemikian rupa agar pembaca dan Google bisa “membacanya” dengan baik. (atribut alt dan optimasinya).
  26. Semakin cepat website dimuat (load speed, page speed) oleh browser pengunjung, semakin besar peluang mendapatkan peringkat tinggi.
  27. Link dari 4, 5, atau 6 situs dengan otoritas domain tinggi bisa membuat situs/halaman mendapat ranking tinggi di hasil pencarian daripada link dari ribuan situs spam dan sampah.
  28. Mulai sekarang kita mesti fokus pada mendapatkan linkback (link earning) dibanding membangun backlink (link building).
  29. Link yang didapat dengan cara paling natural (link earning) adalah backlink dengan kualitas paling tinggi.
  30. Melakukan banyak hal untuk meningkatkan popularitas dan otoritas brand bisa mengundang banyak backlink berkualitas.
  31. Mitos terbesar dalam SEO adalah: jika anda membeli iklan (AdWords), anda akan menang di hasil pencarian natural (organik).
  32. Backlink spam di dalam situs-situs dengan otoritas domain tinggi lebih mudah diendus Google dibanding backlink pada situs berkualitas rendah. 😀
  33. Segala sesuatu yang anda lakukan untuk SEO, tidak hanya berdampak pada peringkat di halaman pencarian, tapi pada banyak hal lain (brand, kepercayaan, penilaian, otoritas). Cara yang baik akan berakibat baik, dan vice versa.
  34. Pengguna website yang bahagia adalah pengguna yang setia.
  35. Proses yang dilakukan Google untuk memperbaiki hasil pencarian adalah dengan terus mencari konten yang paling berkualitas.
  36. Spam di dalam situs anda (keyword, link, dan cara curang lainnya) akan mempengaruhi rankingnya.
  37. Terus pantau Google Webmaster Tools, pastikan berlangganan notifikasi via email, untuk mengetahui kondisi terkini situs anda.
  38. Satu kunci penting. Google ingin selalu memberikan hasil terbaik pada pengunjungnya, agar mereka mau kembali, kembali, dan terus kembali menggunakannya.
  39. Satu hal baru, yang jarang dipahami, salah satu tolok ukur popularitas situs menurut Google bergantung pada seberapa sering seseorang mengunjunginya. Alexa? Bukan. 😆 Google mengukurnya melalui CTR (Click Through Rate, persentase hasil bagi dari jumlah klik dan jumlah tayangan) di hasil pencarian.
  40. Nikmati proses, tahap demi tahap. Cara-cara instan terbukti memberikan efek sesaat.

Sudah eneg dan puyeng belum? 😆 Saya harap ke-40 hal tersebut bisa mewakili dan menjadi perangkum dari semua konten mengenai SEO yang pernah saya tulis dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *