10 Situs Social Media Terbaik 2017

Social media tidak ada matinya dan terus berkembang. Pengguna social media semakin bertambah dari tahun ke tahun dengan skala perbandingan yang signifikan. Ini menunjukkan masyarakat online semakin bertumpu pada keberadaan social media untuk melakukan interaksi, berbagi, mencari informasi, berteman, mengaktualisasikan diri, dan yang tidak kalah penting: melakukan promosi bisnis secara online.

10 Situs Social Media Terbaik 2017

Situs social media semakin menjamur dengan berbagai macam tawaran, fitur, dan bentuk interaksi. Lihat saja Instagram, situs social photo sharing, yang belakangan diakuisisi Facebook dengan harga fantastis, 1 juta dollar. Situs ini menawarkan layanan berbagi foto yang mendapat tanggapan baik dari masyarakat internet dunia. Digitalbuzzblog menyebutkan bahwa dalam dua tahun, Instagram telah memiliki 50 juta pengguna aktif. Bersama Facebook, sebagai sebuah aplikasi, Instagram mengumpulkan 300 juta foto per hari atau kira-kira 58 foto per detik, dan mendapatkan 1 user baru dalam setiap detiknya. Atau lihat saja Pinterest, sama-sama diluncurkan 2 tahun lalu, yang disebut-sebut sebagai social media dengan perkembangan tercepat.

Tentunya, dengan banyaknya situs social media yang sukses dalam berkembang, memilih dan membuat list social media terbaik tidak bisa lepas dari perdebatan dan ketidaktepatan karena ada banyak perspektif penilaian yang berbeda-beda. Untuk list yang disajikan oleh tautweb.com ini, statistik dan urutan social media didasarkan pada statistik yang dirilis oleh Experian Hitwise, yang mengukur market share social media di Internet berdasarkan data yang bersumber dari jaringan IP, Alexa, situs-situs web metrics, dan statistik yang dikumpulkan oleh Google Ad Planner.

10. LiveJournal

Seorang programmer berkebangsaan Amerika yang ingin tetap berhubungan dengan teman-temannya dan terus mendapatkan update informasi terbaru kemudian menciptakan dan mendirikan LiveJournal pada tahun 1999. 10 tahun kemudian perusahaan ini pindah ke Rusia setelah sebelumnya, pada 2007, dibeli oleh sebuah perusahaan Rusia, SUP Media. Semenjak itu, LiveJournal berkembang pesat hingga meraih 17 juta pengguna yang memiliki online diary/blog. LiveJournal terkenal sebagai wadah bagi mereka yang ingin menyampaikan pendapat-pendapat politis.

9. Google+

Seperti Pinterest, Google Plus pada awalnya hanya dapat digunakan oleh user yang mendapat undangan (fitur Invite). Namun karena banyaknya permintaan dari user kepada Google untuk lebih membebaskan Google+, pada September 2011 Google+ kemudian terbuka bagi siapa saja yang berusia 18 tahun ke atas. Sejak Januari 2012, di AS dan beberapa negara lain, remaja usia 13 tahun ke atas diperbolehkan untuk memiliki akun Google+.

Meskipun agak sulit melacak statistik Google+, terutama dalam hal jumlah pengguna, setidaknya ada gambaran dari Hitwise yang memberikan Google+ peringkat market share traffic sebesar 53%. Pada akhir tahun ini, diperkirakan jumlah pengguna G+ akan mencapai sekitar 400 juta.

Google+ menggunakan sistem Circle untuk mengelompokkan pengguna lain ke dalam circle pertemanan, keluarga, relasi bisnis, atau circle apapun yang ingin dibuat oleh user. Gambar (termasuk gif), video, dan text dapat dibagi dengan bebas. Anda dapat menautkan akun Google lain, misalnya Blogger, dengan Google+ dan sebaliknya.

8. MySpace

Pada awalnya MySpace (didirikan pada 2003) merupakan raja dalam rantai makanan social media dan networking. Pada perjalanannya popularitas MySpace menurun karena persaingan ketat dan rumitnya layout halaman. Pada 2008, posisinya semakin lemah berbarengan dengan menanjaknya popularitas Facebook dan Twitter. MySpace dikenal sebagai wadah sosialisasi dan berbagi di kalangan artis, terutama musisi/band.

7. Pinterest

Pinterest merupakan situs social media yang terbilang masih muda (2010; didirikan oleh Ben Silbermann), namun kemudian dengan cepat melibas dan mensejajarkan diri dengan beberapa situs social media besar. Pinterest adalah media berbagi kesukaan (interest) yang difokuskan pada photo sharing, dimana user dapat berbagi foto dan user lain dapat melakukan like dan repost/re-pin (seperti retweet). Layoutnya pun hampir mirip dengan Pinboard. Gambar/foto dibagi dalam beberapa kategori, misalnya: Architecture, Sports, Movies, dll. Yang menarik dan disukai oleh para webmaster adalah Pinterest sangat menghargai sumber asli, sehingga user kemudian dapat menautkan sumber aslinya (linkback).

Mayoritas pengguna Pinterest adalah wanita. Pengguna baru hanya dapat membuat akun setelah mendapat invitation dari pengguna lain atau dengan mengajukan permohonan invitation dari Pinterest. Invitation dari Pinterest pun belum tentu didapat oleh semua pemohon. Pinterest termasuk 50 website terbaik versi majalah Time 2011. Statistik terbaru dari bulan April menyebutkan bahwa Pinterest mendapat 31 juta kunjungan unik tiap bulannya. Bisnis dan brand yang menggunakan Pinterest misalnya adalah Sony Music, Wall Street Journal, Whole Foods, dan masih banyak lagi.

6. Tumblr

Tidak banyak yang bisa diketengahkan mengenai Tumblr karena konsepnya hampir sama dengan platform microblogging lain. Tumblr tampak seperti gabungan antara Twitter dan Pinterest dalam hal photo sharing. Selain itu, Tumblr juga merupakan sarana berbagi berbasis text (blog/microblog). Tumblr sangat mudah digunakan dan bagi yang menggunakan Spotify (layanan akses ke jutaan lagu) dapat berbagi musik melalui Tumblr. Tumblr mendapat 45 juta pengunjung unik per bulan.

5. LinkedIn

LinkedIn mendapat sekitar 96 juta pengunjung unik per bulan. LinkedIn utamanya digunakan untuk social networking para professional. Para pengguna saling berhubungan berdasarkan beberapa level hubungan. Reid Hoffman dan para pendiri Paypal mendirikannya pada tahun 2003. Peluang-peluang pekerjaan, pribadi, dan bisnis dapat ditemukan melalui hubungan langsung dan derajat pertemanan kedua serta ketiga, yaitu mereka yang masuk ke dalam contacts seorang user. Pengguna personal atau bisnis dapat membuat profil dan join ke dalam grup untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang atau profesi pengguna, misalnya pembicaraan tema bisnis tertentu, karir, atau peluang kerja.

4. Yahoo! Answers

Memang agak mengejutkan ketika melihat Yahoo! Answers ada di posisi ke empat karena social media ini tidak menawarkan banyak hal. Namun demikian, jumlah pengguna sebesar 130 juta menunjukkan bahwa Yahoo! Answers memiliki popularitas dan traffic signifikan. Yahoo! Answers berfokus pada tanya jawab oleh user dalam topik-topik tertentu, dari yang teringan seperti apa makanan terenak hingga yang terberat seperti siapa penemu bumi. Ada beberapa halaman profil seperti contact, friends, dan interests. User dapat berlangganan (subscribe) update terbaru dari sebuah pertanyaan atau jawaban. User yang aktif dan memiliki jawaban terbaik mendapat poin dan peningkatan level. Pertanyaan dan jawaban di Yahoo! Answer sepertinya kurang di-filter sehingga pertanyaan atau jawaban apapun bisa masuk, namun kualitasnya tetap terjaga. Ada situs lain garapan Google di beberapa negara yang memiliki fitur hampir sama, misalnya di Indonesia ada Google Tanya Jawab. Namun hingga saat ini Yahoo! Answers masih bertahan dan lebih menjadi favorit.

3. Twitter

Twitter membatasi panjang teks status (tweet) sebanyak 140 karakter. Jack Dorsey mendirikan situs yang sangat terkenal ini pada tahun 2006. Twitter memiliki hampir 200 juta pengguna dengan rata-rata tweet unik sebanyak 300 juta per hari. Salah satu fitur Twitter adalah Follow dimana seorang user dapat mengikuti update (follow) user lain. Hampir semua selebriti, politisi, artis, atlit olahraga, dan bisnis terhubung dengan para fan melalui Twitter. Twitter begitu simpel dan ringan sehingga membuat para user mudah menggunakan dan melakukan update singkat hanya dalam beberapa detik.

Bisnis dan brand menggunakan Twitter dalam banyak cara: sebagai chanel untuk berhubungan dengan masyarakat, menyampaikan info press release, penawaran jasa/produk, berkomunikasi dengan follower secara rutin, melakukan survey, customer support, dan update-update lainnya.

2. Youtube

Youtube, yang kini telah menjadi milik Google, difokuskan pada video sharing. Siapapun yang memiliki akun Youtube (dalam hal ini adalah akun Google) dapat mengunggah dan menonton video yang diposting dari berbagai belahan dunia (beberapa negara, misalnya Cina; Iran; Libya, melarang akses ke situs ini).

Youtube digunakan secara gratis dan bahkan website lain dapat memasang (embed) video yang bersumber dari Youtube. Apapun termasuk acara TV, iklan, video musik, trailer film, tips, videoblog, review, dan lain-lain dapat diunggah ke situs ini. User yang sudah terverifikasi oleh Youtube dan memiliki reputasi bagus dapat mengunggah video dengan durasi di atas 15 menit. Lebih dari 800 juta pengunjung unik mampir ke situs ini tiap bulannya.

1. Facebook

Facebook masih menduduki peringkat pertama dan menyandang gelar Raja Social Media dengan jumlah pengguna lebih dari 950 juta atau hampir 1 milyar. Statistik ini membuat Facebook menjadi situs social media terbesar dan memiliki jangkauan terluas. Fitur-fitur yang memungkinkan pengguna melakukan kostumisasi akun dan profil; mengunggah dan berbagi foto dan video; tagging; mengirim pesan; membuat halaman group dan Facebook Page; dan menggunakan ribuan aplikasi membuat situs ini menjadi pilihan utama masyarakat social networking di seluruh dunia.

Facebook juga populer di kalangan bisnis untuk membangun brand bisnis dan meraih potential customer, meskipun fitur Timeline yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu dapat memberikan beberapa keterbatasan dalam melakukan marketing campaign. Namun demikian, dengan menggunakan Facebook Page, bisnis dapat menggunakannya secara maksimal, misalnya sebagai landing page. Membuat aplikasi juga memudahkan pemilik web menautkan beberapa fitur web dan Facebook secara simultan. Seperti Twitter, Facebook juga banyak diakses melalui fitur mobile networking, yang memudahkan pengguna situs social media ini mengaksesnya dimana saja.

Listing 10 social media terbaik di atas tentunya bukan berarti kemutlakan dan masih bersifat subyektif. Ada banyak social media lain yang semakin menanjak dengan inovasi layanan dan fitur semakin beragam. Jika ada social media lain yang menurut anda cukup berbobot dan dapat diperhitungkan anda bisa merekomendasikan untuk user lain melalui komentar. Have a nice social networking!

You May Also Like

About the Author: Xsoal

Hello, I am Admin Xsoal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *